Modul Penggalian Potensi Berbasis Laporan Keuangan (Free Sharing)

Bekerja sebagai Account Representative (AR) di Kantor Pelayanan Pajak merupakan lahan untuk menempa diri. Banyak data yang tersedia untuk diolah lebih lanjut menjadi materi Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK). Data itu sudah terintegrasi dan bisa diakses dengan privilege sebagai AR. Namun, data matang tersebut rentan membuat pemahaman menjadi tidak terintegrasi dalam melihat profil Wajib Pajak. Analisis data telah bergeser menjadi praktik yang sifatnya berdiri sendiri dan tidak lagi dipersatukan dengan dokumentasi keuangan dan bisnis Wajib Pajak. Akibatnya membaca laporan keuangan sebagai keahlian mendasar dalam melakukan pengawasan materiil Wajib Pajak tidak lagi menjadi perhatian.

Modul ini berupaya untuk menempatkan kembali urgensi mendasar itu dalam praktik pengawasan dan penggalian potensi penerimaan pajak. Caranya dengan menawarkan kembali analisis per akun di Laporan Keuangan sebagai pijakan awal dalam melakukan analisis, bukan dari analisis angka rasio atau data matang semata. Bukan berarti dua terakhir yang disebutkan itu tidak penting. Sama sekali tidak demikian. Namun dengan memulai pijakan dari analisis per akun, diharapkan AR dapat memperoleh gambaran yang lebih luas terhadap keterkaitan antar pos dalam Laporan Keuangan Wajib Pajak yang tengah diawasi. Artinya, pengawasan tidak berjalan sepotong-sepotong tetapi dalam kerangka satu kesatuan.

Berhubung modul ini sifatnya segmented khusus bagi fiskus (petugas pajak) maka penulis akan membagikannya hanya kepada rekan yang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak. Caranya dengan mencantumkan alamat email tujuan pengiriman di kolom komentar postingan artikel ini. Pengiriman akan dilakukan paling lambat hari Rabu 06 September 2017 pukul 23.00 WIB. Untuk memastikan bahwa yang mencantumkan email adalah petugas pajak, pengiriman modul hanya berlaku jika pencantuman email tujuan disertai NIP yang bersangkutan.Β 

Penulis menyusun modul ini dalam kurun waktu beberapa bulan lamanya, di sela-sela pekerjaan atau waktu luang yang dimiliki. Sumber yang digunakan adalah pengalaman pribadi yang didukung dengan membaca sejumlah literatur sebagai penguat. Literatur tersebut penulis cantumkan di lembar daftar pustaka sebagai bentuk penghormatan terhadap intelektualitas pihak yang penulis rujuk. Sebab penulis sadar bahwa tidak ada ilmu pengetahuan yang mutlak bisa datang sendiri tanpa bantuan pihak lain. Ilmu yang terbentuk pada dasarnya adalah hasil interaksi antara pemikiran, pengalaman, dan pergaulan sehari-hari dengan banyak pihak. Oleh sebab itu, dengan segenap kerendahan hati, penulis mengucapkan banyak terima kasih.

Untuk masukan yang sifatnya membangun, penulis membuka diri dan menerimanya sebagai bentuk koreksi untuk perbaikan di masa mendatang. Silahkan sampaikan ke sonzone87@gmail.com atau melalui WhatsApp 0896-5648-3549. Akhir kata, penulis berharap semoga karya ini bermanfaat bagi instansi Direktorat Jenderal Pajak secara umum dan secara khusus bagi rekan-rekan AR. Penulis juga menyatakan tidak keberatan jika materi ini disebarluaskan sepanjang untuk menunjang pekerjaan sehari-hari dan terbebas dari niat komersialisasi.

Gambar diambil dari sini

435 komentar untuk “Modul Penggalian Potensi Berbasis Laporan Keuangan (Free Sharing)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *